ANALISIS HYGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLMAN

Authors

  • Evi Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.52999/sabb.v1i3.107

Keywords:

Hygiene sanitasi depot air minum isi ulang

Abstract

Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan terhadap air bersih, manusia sangat membutuhkan air bersih untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, diantaranya untuk memenuhi kebutuhan minum. Air minum merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia dan saat ini semakin sulit di temukan dikarenakan pencemaran limbah rumah tangga dan limbah industri terhadap sumber air permukaan maupun air tanah. Hasil  Riskesdas  2013  menunjukkan  bahwa  proporsi  rumah  tangga  berdasarkan jenis sumber air minum di Indonesia terbesar pada sumur gali terlindung sebesar 22,5%,  kemudian  air  isi  ulang  sebesar  21  %  dan  sumur  bor/pompa  sebesar  12,8%.  Proporsi rumah  tangga  yang  menggunakan  air  isi  ulang  dan  air  kemasan  mempunyai  persentase  yang cukup  besar. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hygiene sanitasi depot air minum isi ulang di Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar tahun 2015 dengan jenis penelitian Survey Deskriptif. Pengambilan Sampel dengan Teknik pengambilan sampel secara Exhaustive sampling/sampling jenuh yaitu seluruh depot air minum di  Wilayah Kecamatan  Wonomulyo. Pengumpulan data melalui proses wawancara berupa lembar observasi dengan metode ceklist dengan analisis data menggunakan program komputer spss jenis analisis data analisis univariat.

Berdasarkan hasil analisa Hygiene sanitasi depot air minum isi ulang di Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar tahun 2015, menunjukkan bahwa Distribusi DAMIU berdasarkan hygiene karyawan terdapat 13 (72%) tidak sehat. sedangkan yang sehat sebanyak 5 (28%), Distribusi DAMIU berdasarkan sanitasi bangunan terdapat 9 (50%) memenuhi syarat sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 9 (50%) dan Distribusi DAMIU berdasarkan peralatan terdapat 18 yang memenuhi syarat sebanyak 18 (100%).

Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya memperhatikan Hygiene karyawan dan bagunan depot air minum isi ulang agar air minum isi ulang dapat terjamin kualitasnya.

Downloads

Published

2021-04-29