Main Article Content

Abstract

ASI  Eksklusif adalah pemberian makanan hanya ASI saja tanpa tambahan makanan dan minuman apapun selama 6 bulan pertama kehidupan. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi secara kualitatif tentang penyebab rendahnya ASI Eksklusif di desa bonde wilayah kerja puskesmas campalagian kecamatan campalagian kabupaten polewali mandar tahun 2018.


Jenis penelitian ini yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi untuk mengeksplorasi fenomena pemberian ASI Eksklusif di desa bonde. Penelitian ini menggunakan metode snowball sampling dengan 6  responden yang mempunyai bayi usia 0-24 bulan, tidak memberikan ASI Eksklusif yang bersedia diwawancara. dan yang menjadi informan kunci adalah petugas gizi puskesmas campalagian.


Teknik yang digunakan adalah triangulasi teknik dengan menggabungkan tiga cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini diolah secara  manual dengan mengelompokan hasil wawancara sesuai tujuan penelitian dan selanjutnya dilakukanan alisisis (content analisys). Penelitian ini dilakukan 14 hari,yaitu sejak 17 juli sampai dengan 30 juli tahun 2018 di desa bonde kecamatan campalagian kabupaten polewali mandar provinsi Sulawesi barat.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya pemberian ASI Eksklusif yang di sebabkan oleh factor pendorong dan kesimpulannya bahwa Faktor predisposisi (predisposisi  factors) pemberian ASI Eksklusif pada  bayi usia 0-24 bulan  daerah  pesisir adalah pengeahuan yang kurang dikalangan masyarakat, serta sikap dan   kebiasaan negatif yang  masih dianut terhadap pemberian ASI secara Eksklusif serta saran yang diberikan tidak mempercayai mitos-mitos negatif yang merupakan salah  satu  kendala  bagi  ibu untuk menyusu, dan petugas  kesehatan  memaksimalkan  upaya untuk  meningkatkan informasi  peberian  asi serta membentuk kelas khusus tentang sikap pembeian asi eksklusif.

Keywords

Asi Eksklusif, Ibu Bayi, Dan Bayi 0-24 Bulan

Article Details

References

  1. A, Wahab. 2013. Pengantar Statistik Untuk Pendidikan dan Sain. Edisi Pertama. Yogyakarta: KutubWacana.
  2. A, Wahab 2012. Pengantar Riset( Bidan Kesehatan, Kebidanan, Dan Keperawatan). Edisi Pertama. Yogyakarta: KutubWacana.
  3. Arisama. 2010. Gizi Dalam Daur Hidup. Jakarta: EGC.
  4. Anonim, Cuti Melahahirkan Dan Memberikan ASI Eksklusif in www.kompas.com 2011, diakses 21 juni 2018
  5. Citerawati,Y, W. 2016. Makanan Pendamping Asi. Edisi Pertama. Yogyakarta. Trans Medika.
  6. Dinkes RI, 2016. Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar http://www.dinkes.com Di Aksespada 02 Januari 2018 pada 14:30
  7. Eni, Atikah. 2010. Kapita Selekta Asi dan Menyusui. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Nuha Medika.
  8. Haryono,Setianingsih. 2014. Manfaat ASI EklusifUntukBuahHati Anda. PustakaBaru,Wonosari, Sendagadi.
  9. Kriselly, yurina. 2012 Studi Kualitatif Terhadap Rendahnya Pemberian Asi Eklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Kerang Pangi Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan Profinsi Kalimanta Tengah.
  10. Nugroho, T. 2011. Asi dan Tumor Payudara. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Nuha Medika
  11. Nirwana, B , A. 2014. Asi dan Susu Formula Kandungan dan Manfaat Asi dan Susu Formula. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Nuha Medika.
  12. Oktaria . 2012 Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Asi Eksklusif, Menyusui Dini Tempat Terhadap Pemberian Makanan Praeakteal Pada Bayo 0-5 Bulan Di wilayah Puskesmas Balai Agung Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyumasin Depok Fakulatas Kesehatan Masyarakat Peminatan Kebidanan Komunitas Universitas Indonesia.
  13. Rumiasari. 2012 Penelitian Kualitatif Gambaran Pemberian Asi Eksklusif di Puskesmas Jati Rahayu. Bekasi Fakultas Ilmu Keperawatan.
  14. RW, Hapsari. 2014 Mengenal Asi Ekslusif. Jakarta :Rineka Cipta.
  15. Sugiyono. 2012. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: alfabetan.
  16. Samad,Abdul. 2008. Determinan Pemberian Asi Ekslusif Pada Bayi 0-6 Bulan Di Desa Pessui Kecamatan Luyo Kabupaten Polewai Mandar: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Bangsa Majene.
  17. Tim Revisi, 2016. Buku Panduan Skripsi S1 Kesehatan Masyarakat. LembagaPeneltian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Bina Bangsa Majene.
  18. Wijayanti, Winda. 2010. Hubungan Antara Pemberian Asi Ekslusif Terhadap Kejadian Diare Pada Bayi Umur 0-6 Bulan Di Puskesmas Gilingan Kecamatan Banjarmasin Surakarta. Surakarta Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
  19. Yuli Astutik Reni, 2014. Payudara Dan Laktasi.
  20. Jakarta: salemba medika